Tentang Rasa yang Tertinggal

Sebenarnya, sudah berulang kali aku memikirkan hal ini. Apa kita sungguh-sungguh masih bisa melanjutkan hubungan ini?

Kau tahu, aku takut membuatmu patah suatu hari nanti. Dan aku pun sebenarnya masih tak terpikir untuk membina hubungan dengan siapapun. Mungkin terkecuali kamu. Memang, beberapa waktu ke belakang, aku begitu takut membayangkan sebuah pernikahan. Namun, semuanya memudar jika itu tentang kamu.

Kamu tahu, berapa lama aku memupuk kekuatan dan keberanian hanya untuk memintamu menyudahi hubungan ini? Namun jauh di dalam hati, aku tahu itu adalah hal yang sama sulitnya untuk kita hadapi. Aku tahu, bagaimana kamu menyikapiku dan berusaha membuatku nyaman setiap kali kita bersama. Mungkin ada perih yang berusaha kamu sembunyikan setiap kali aku memintamu menyudahi hubungan kita. Tapi kamu tetap saja ada di situ. Tetap saja menghiburku setiap kali aku butuh kekuatan.

Aku tahu, aku perempuan yang sangat egois. Memaksamu memahami cara berpikirku. Memaksamu mengiyakan keputusanku. Setiap hari, pada dasarnya aku justru merasa semakin jahat. Kamu tahu, hanya kamu yang hingga saat ini kuizinkan memujiku cantik. Hanya kamu yang bisa membuatku meleleh mendengar pujian yang sesungguhnya sangat standar itu. Apa aku sungguhan masih cantik bagimu? Bahkan saat aku merajuk pun, kamu masih bisa mengatakan aku cantik.

Kau tahu, aku menyayangimu. Bahkan hingga saat ini, perasaan itu mungkin masih sama penuhnya. Tapi, kupikir, keputusan ini adalah yang terbaik bagi kita berdua saat ini. Jika suatu hari kamu sempat datang lagi, semoga saja itu bukan waktu yang terlalu lama. Jika suatu hari kamu diizinkan datang lagi, semoga saja saat itu kita berdua telah sama-sama lebih siap dan mampu. Jika suatu hari kamu masih ingin datang lagi, semoga saja saat itu, kita berdua tak saling mengorbankan salah satu pihak.

Jika perasaan ini aku turuti. Aku merindukanmu sebenarnya. Sangat.

Leave a Reply

