Tentang Kesekufuan

Aku tidak terlalu paham apa itu sekufu. Harta, fisik, usia, bukan suatu halangan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius sebenarnya. Ada banyak pasangan yang berhasil meski berbeda status sosial yang begitu jauh, meski terpaut usia yang tak bisa disebut sebaya, meski yang satu anak pesisir barat, dan yang lain anak gunung di timur. Siapa peduli? Dan mereka berhasil dalam pernikahan. Mereka bahagia dan membahagiakan.

Siapa yang perlu menjadi lebih kuat? Ada banyak wanita luar biasa yang menikahi lelaki biasa saja, ada banyak wanita kaya raya yang menikahi lelaki biasa saja. Atau karena aku terlalu biasa? Karena aku terlalu lemah?

Atau hanya karena aku yang terlalu pemalu menilai tinggi diri sendiri.

Ada banyak suara mengatakan aku tak cukup layak baginya. Bahkan dia pun sesekali ragu akan kepantasan dia untuk ada di sisiku. Padahal tak sejenak pun aku merasa dia tak pantas. Meski sesekali ada beberapa waktu dia mengatakan bahwa aku perempuan yang biasa saja, seakan berkata bahwa tak perlu lah aku memasang harga dan syarat yang terlampau tinggi agar dia bisa hidup denganku.

Aku sadar sepenuhnya aku bukan perempuan yang sangat dewasa, pun juga tak sepandai itu dengan pekerjaan rumah. Aku juga memahami bahwa orang terdekatku ingin aku mendapatkan lelaki yang lebih dewasa dariku. Yang lebih kuat dariku. Yang bisa kujadikan tempat bersandar. Dan itulah yang tidak mereka lihat pada lelaki ini. Semua orang memang bisa berubah, tapi tidak dalam waktu dekat. Dan orang terdekatku khawatir aku akan semakin tua jika menunggunya hingga benar-benar siap dan matang.

Leave a Reply

