Tentang Mencari Biaya

 

Hari ini dia menyampaikan kesanggupan persediaan biayanya, tidak mencapai setengah dari standar resepsi kota sebenarnya.

Aku bingung.

Dua hari lalu pun, kita bertengkar masalah ini. Mungkin dia khawatir karena sumber dana sebesar itu belum masuk ke plannya. Pada dasarnya, bukan nominal dananya yang menjadi masalah, tapi usahanya untuk mendapatkan hal itu. Usaha. Itu saja. Sampai akhir waktu dia mampu berusaha.

Hari ini, ibuku bilang, laki-laki yang siap menikah itu yang tidak mudah emosi ketika dihadapkan dengan masalah atau tantangan. Sejujurnya, saat ini aku tidak yakin benar, apakah dia memang emosi, atau memilih diam karena aku kemarin terlalu emosi.

Ya, aku komunikator yang buruk memang. Setiap kali bingung aku selalu menceritakan masalah dari tengah, atau dari arah manapun yang bisa ku ungkapkan, baru mengutarakan masalah sebenarnya atau asalnya. Butuh waktu lama, dan mungkin “menyiksa” si pendengar.

Dan kemarin, tak sengaja aku mengucapkan kalimat yang mungkin menyakiti hatinya. Setelah kupikir ulang, tak seharusnya aku berkata begitu. Aku merasa bersalah, dan sudah meminta maaf. Aku paham jika ia tak langsung memaafkan aku, jadi aku akan menunggunya beberapa pekan.

Mungkin lain kali aku perlu membuat dokumentasi kebahagiaan. Agar jika suatu hari aku terlalu down karena suatu hal, atau ketika aku lupa bersyukur, aku bisa mengingat seberapa besar usaha nya membuatku tersenyum.

Tapi dia selalu lupa memujiku saat kita saling adu argumen. Ah, mungkin aku yang terlalu manja. 

Kalau setelah ini, kami tidak berjodoh, aku berjanji pada diriku sendiri untuk mengembalikan semua dana yang pernah ia berikan untukku. Entah dengan anonim atau tidak. Entah berupa nominal atau barang.

Leave a Reply

